Sabtu, 11 Mei 2013

PIDATO “PERSIAPAN MENGHADAPI UN”


Assalamualaikum Wr.Wb
Salam sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang Maha Esa. Yang telah memberikan karunia kesehatan kepada kita, sehingga kitaa dapat berkumpul di ruangan yang sangat sederhana ini.

Shalawat beriring salam kita hadiahkan kepada buah hati Siti Aminah yang bergelar “Habibullah” , yaitu  junjungan kita Nabi besar Muhammad s.a.w. Beliau telah membawa kita dari alam kegelapan kepada alam yang terang benderang di penuhi ilmu pengetahuan yang kita rasakan pada saat ini.
Teman-teman sekalian

Saat ini kita sudah berada di bangku kelas 3 SMP. Kalian tahu apa yang kita hadapi ?. Ya, tidak lama lagi kita akan menghadapi Ujian Nasional. Apa kalian tidak merasa takut ?. Apalagi informasi yang kita dengar bahwa Ujian Naisonal tahun ini 20 paket. Artinya, setiap murid mengerjakan soal yang berbeda. Tidak ada bantuan dari orang lain. Walaupun seandainya ada harapan itu pun sanagt kecil sekali. Jadi , alangkah baiknya jika kita berusaha sendiri. Kita harus fokus pada Ujian Naisional ini. Bayangkan, nasib 3 tahun sekolah di SMP di pertaruhkan seminggu. Berada di ujung pensil 2B dalam waktu 120 menit. Ke-empat mata pelajaran yang di ujian kan : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ipa , harus mencapai nilai ketuntasannya. Sungguh menengangkan sekali.

Teman-teman senasib seperjuangan

Ujian Nasional berperan sangat penting sebagai penentu kelulusan. Lulus atau tidaknya kembali pada diri kita. Kita semua pasti ingin lulus dan melanjutkan sekolah favorit sesuai dengan keinginan. Agar berhasil, apa yang harus kita lakukan ?. tentu ada persiapan membenah diri belajar dari sekarang. Tetapi mengapa kita masih bersantai-santai saja ?. Itulah permasalahannya. Muncul sifat malas dan lalai belajar. Kebanyakan murid ingin belajar ketika ada pr saja. Jika belum mendekati hari ujian, belum ada inisiatif dari diri sendiri untuk belajarb dari sekarang. Waktu luang digunakan untuk bermain. Apalagi di zaman yang serba canggih ini telah diciptakan IPTEK. Sehingga kita malas belajar dan membaca. Semua tugas sekolah dapat dicari melalui internet.di sisi lain, kita juga beranggapan Ujian Nasional akan ada bantuan. Hal demikian tidak baik di harapkan dan tidak boleh diteladani.

Teman-teman ingin lulus dengan nilai yang memuaskan , bukan ?.  Nah, oleh karena itu persiapkanlah diri kita mulai dari sekarang.mari tingkatkan proses belajar kita. Kuncinya adalah berusaha dan berdoa. Selain belajar di sekolah , kita juga harus belajar di tempat lain seperti : mengikuti bimbel, bentuk belajar kelompok beberapa orang dengan teman-teman, belajar bersama guru privat, orang tua, atau boleh juga belajar sendiri dirumah. Tanamkan sikap dan sifat disiplin ,ulet, tekun, percaya diri, bertanggung jawab, optimis, jujur,  sungguh-sungguh dalam belajar. Serta janagn lupa berdoa kepada Allah SWT. Karena berdoa sangat membantu kita dalam sebuah kesuksesan. 

Teman-teman yang di muliakan Allah SWT

Saya memiliki tips belajar menjelang ujian. Semoga dapat membantu teman-teman mengahadapi ujian ini. Yaitu :
1)     Pilih waktu belajar yang tepat
2)     Bangun suasana belajar yang nyaman
3)     Mencatat poko-pokok pelajaran
4)     Kembangkan materi yang sudah dipelajari
5)     Rajin-rajin membaca buku, karena membaca adalah kunci belajar
6)     Belajar dengan cara memahami, bukan sekedar mengahafal
7)     Hafalkan kata-kata kunci
8)     Latihan mengerjakan soal sendiri dengan kemampuan kita
9)     Hindari belajar kilat
10)  Makan yang cukup dan benar
11)  Bayangkan kesuksesan
12)  Motivasi diri kita dengan bahasa yang positif
13)  Yakin pada diri sendiri akan keberhasilan
14)  Sediakan waktu untuk istirahat
15)  Berdoa kepada yang maha kuasa

Demikianlah pidato dari saya. Semoga uraian yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan termotivasi juga bagi teman-teman untuk lebih giat belajar. Jadilah anak yang dibanggakan untuk diri sendiri, keluarga , sekolah dan negara. Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati. Terimakasih atas perhaian teman-teman. Saya akhiri dengan :
Wassalamu’alaikum Wr,Wb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar