Jumat, 03 Mei 2013

Drama 1 Babak


NGEGOSIP
Tett...tett..tett... bel berbunyi tanda jam istirahat. Martha keluar dari kelasnya ingin ke halaman depan duduk di bawah pohon. Dan ketika itu Gita lewat di hadapan Martha ingin jajan di kantin, kemudian Martha menyapa Gita.
Martha         : Ehh git , mau kemana kau ?
Gita             : Mau ke perpustakaan.
Martha         : Gak usah lah , temenin aku saja di sini.
Gita             : Ya gakya? (sedang berfikir)
                     Mmm.. ok lah ! karena aku baik , ku turuti kehendakmu. (berjalan berdua
  sambil mengobrolkan sesuatu menuju ke kantin)
Martha         : Nah gitu dong. Hmm.. apa kata kau lah.
                     Ohya , kau kenal tak sama si Abdul ?
Gita             : Abdul mana?
Martha         : Itu na orangnya , M.ABDUL FIKRI , tampang seperti madesu gitu. Dia
  selalu buat onar. (Martha menyulurkan tangannya menunjuk ke arah Abdul yang kebetulan sedang berselisih lewat di hadapan Martha dan Gita )
Gita             : Ooo.. dia , anak kelas VIII E itu kan ?
Martha         : Ya.. betul -betul.



Gita             : Memang benar dia nakal. Dia sering di hukum oleh guru-guru terutama                             wali kelasnya Pak Syamsul. Kelakuannya yang
                     pemalas,jahil,menyontek,sering bolos,malakin orang, bahkan juga pernah
  kepergok merokok tuh.
Martha         : Wahh.. luar biasa. Eh kau mau tau tak,aku benci kali sama cowok yang
  tingkah lakunya seperti dia. Dan muak pula aku liat mukanya. Sok
  kecakepan.
Gita              : Haha. Iya sama. Dan dengar-dengar katanya dia mau di keluarkan dari
  sekolah kita.
Martha         : Kalau memang benar, bagus deh. Dengan demikian  tak ada lagi
  terdengar bising ocehan guru kenakalan musird seperti dia.
Gita              : Aku setuju banget.( mereka diam sejenak) . Oh ya Astagfirullah hal
  adzim.. Martha !. Kenapa kita jadi ngegosip sih??. Kita ini sudah berbuat
  gibah. Berdosa kita menceritakan kejelekan atau keburukan orang lain.
Nanti kita di jauhi sama teman-teman lho.
Martha         : oh iya ya?. Hehee.. (cengar-cengir sambil menggarukkan kepala).
  Yah bertambah lagi dosaku. Kamu juga sih.. dari tadi ceplas ceplos aja
  berbicara. Kau duluan ni yang memulai.
Gita              : Kamu Martha bukan aku. ( saling menyalahkan)
Martha         : sudah lah tak usah di bahas lagi. Perut ku keroncongan. Lebih baik kita
  makan. 
Gita              : hmm.. ya okelah kalau begitu.
Akhirnya mereka sadar atas perbuatannya. Mereka tidak lagi mengobrolkan seseorang, melainkan makan di kantin.

Unsur Instrinsik

o   Tema          : Perbuatan Gibah ( Gosip )

o          Alur            : Maju

Latar           : - Tempat sekolah ( Halaman depan kelas di bawah
 Pohon dan kantin )
  - Waktu pagi hari ( Jam istirahat )
  - Suasana cerah ( matahari pagi bersinar ) , sejuk dan
teduh ( semilir angin dari dedaunan di atas pohon ), ramai ( sesaat juga terdengar gelak tawa suara teman-teman lain )
 
o   Penokohan              : - Imas Aulia Rahma berperan sebagai Martha
  bersifat cerewet, mengunjing ( menjelekkan seseorang ).
 Ramadhanti Pratiwi berperan sebagai Gita
Bersifat bawel,juga mengunjing ( menjelekkan seseorang ).

o  Amanat               : Drama diatas merupakan perbatan gibah ( ngegosip ),
yang membicarakan atau menjelek- jelekkan
 kesalahan yang pernah di perbuat oleh orang lain.
Gibah termasuk salah satu sifat tercela,dampak dan akibat yang di timbulkan adalah akan di jauhi orang dan masyarakat,orang yang menjadi objek perbincangan akan merasa malu dan harga dirinya menjadi hancur di muka bumi,juga berdosa karena dilarang.Oleh karena itu , jangan lah berbuat Gibah , jagalah mulutmu dengan berbicara hal-hal yang bersifat positif (baik).

Burung Irian
Burung Cenderawasih
Cukup Sekian
&
Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar