Minggu, 07 April 2013

kiat Sukses Lulus UN dan SNMPTN



Dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) / Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) pada  perguruan tinggi negeri, tidak jarang kita mendengar terdapat orang-orang pintar yang tidak lulus. Dalam tulisan ini Anda akan diajak untuk melihat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan mengerjakan suatu tes atau ujian. Kemudian Anda akan mendapatkan berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi ujian, baik persiapan secara fisik, maupun secara mental.
  • Hindari belajar kilat dan belajar secara rutin untuk mempersiapkan diri
  • Latihan mengerjakan soal
  • Tidur istirahat yang cukup malam sebelum pelaksanaan tes atau ujian
  • Makan yang cukup dan benar
  • Bayangkan kesuksesan
  • Motivasi-lah diri Anda dengan bahasa yang positif
  • Berolahraga
  • Yakin pada diri anda sendiri bahwa anda berhasil
  • JANGAN PERNAH TAKUT AKAN GAGAL SEBELUM MENCOBA
Kiat Sukses Lulus UN dan SNMPTN :
Baca Petunjuk Soal
Pada waktu Anda mengerjakan soal-soal pada pelaksanaan tes atau ujian maka ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan agar Anda mengerjakan soal tes atau ujian dengan baik. Pada saat-saat awal janganlah terpancing untuk langsung melihat soal dan mengerjakan soal. Anda harus membaca terlebih dahulu petunjuk pengsisian soal. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak menyalahi perintah dari soal tersebut. Selain itu dengan membaca secara teliti Anda menjadi lebih yakin karena tahu bagaimana akan mengerjakan soal-soal tersebut.
Gunakan Teknik Scanning dan Scamming
Setelah membaca dengan teliti petunjuk pengisian jawaban, maka kegiatan yang harus dilakukan adalah membaca soal dengan cepat (scamming). Membaca dengan cepat (scamming) sebenarnya biasa dilakukan apabila kita mencari nomor telepon pada buku telepon, atau mencari satu kata di kamus. Selain scamming, kita juga melihat soal secara sekilas atau scanning seperti kita membaca Koran. Kelompokkanlah soal yang telah dibaca secara cepat tadi pada kelompok soal yang termasuk sangat sulit, sulit, sedang, dan mudah.
Dengan mempersiapkan diri menghadapi tes atau ujian sesungguhnya membuat kita lebih yakin bahwa kita akan bisa mengerjakan tes atau ujian dengan baik. Keyakinan inilah kemudian yang menggerakkan energi yang ada pada kita untuk berupaya mengerjakan tes atau ujian dengan baik.
Segala usaha dan ikhtiar yang kita lakukan hanyalah rencana, pada akhirnya yang menentukan adalah sang penguasa, maka tidak lupa dalam melaksanakan ikhtiar ini selalu lakukan kiat Berdo’a karena tanpa ijin-Nya apa yang kita inginkan taka akan terjadi. Sempurnakan niat dan usaha dengan do’a untuk kesuksesan UN atau pun SNMPTN yang akan kita jalani. Sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar